Selasa, 30 Maret 2010

Kapak Perunggu: Sebuah Peninggalan Kebudayaan Masyarakat Perundagian


Pada masa perundagian kemahiran manusia dalam membuat alat-alat makin berkembang, sebagai akibat dari adanya penggolongan dalam masyarakat berdasarkan keahliannya masing-masing. Adanya masyarakat yang bertugas secara khusus untuk membuat alat-alat. Teknologi pembuat benda-benda semakin meningkat, terutama setelah ditemuakan suatu campuran antara timah dan tembaga menghasilkan logam perunggu. Di Asia Tenggara logam mulai dikenal sejak kira-kira 3000-2000 SM.

Berdasarkan hasil penemuan arkeologi, Indonesia hanya mengenal alat-alat yang terbuat dari perunggu dan besi. Sedangkan untuk perhiasan sudah mengenal bahan dari emas, selain berbahan dasar perunggu. Benda-benda perunggu yang ditemukan di Indonesia memiliki kesamaan denga yang ada di Dongson (Vietnam), baik bentuk maupun pola hiasnya. Hal ini menimbulkan dugaan tentang adanya hubungan budaya yang berkembang di Dongson dengan di Indonesia.

Cara pembuatan
Suatu kemahiran baru pada masa perundagian adalah kemampuan menuang logam. Teknik melebur logam merupakan teknik yang tinggi, karena pengetahuan semacam itu belum dikenal dalam masa sebelumnya. Logam harus dipanaskan hingga mencapai titik lebur, kemudian baru dicetak menjadi bermacam-macam jenis perkakas atau benda lain yang diperlukan. Teknik pembuatan benda perunggu ada dua macam yaitu dengan cetak setangkup (bivalve) dan cetak lilin (a cire perdue).

Cetakan setangkup, yaitu cara menuangkan dengan kita membuat, cetakan dari batu misalnya, yang terdiri dari dua bagian yang dapat di tangkupkan (dikatupkan) seperti kulit tiram. Teknik ini dilakukan untuk benda-benda yang tidak memiliki bagian-bagian yang menonjol. Tuangan untuk semacam ini dapat dipergunakan untuk beberapa kali.

Teknik a cire perdue dipergunakan untuk benda-benda yang berbentuk dengan ada bagian yang menonjol, misalnya arca, kapak perunggu. Caranya yaitu sebagai berikut:
a. Mula-mula dibuat model benda dari lilin yang diinginkan
b. Seluruh model dari lilin itu kemudian dilapisi dengan tanah liat yang tahan api
c. Lapisan tanah liat di bagian atas dibuat semacam corong dan dibagian bawah diberi lubang
d. Seluruh model yang berlapis tanah liat itu dibakar sampai lilin meleleh dan mengalir melalui saluran yang telah dibuat
e. Dari corong tadi dituangkan cairan perunggu
f. Setelah cairan perunggu membeku dan dingin, maka lapisan tanah liat itu padat dan pecah, sehingga kita memperoleh benda cetakan dari perunggu.

Kapak perunggu memiliki macam-macam bentuk dan ukuran. Dilihat dari penggunaannya, maka kapak perunggu dapat berfungsi dua macam yaitu:
1. Sebagai alat upacara atau benda pusaka
2. Sebagai perkakas atau alat untuk bekerja

Secara tipologi, kapak perunggu dapat digolongkan dalam dua golongan, yaitu kapak corong dan kapak upaca. Umumnya kapak perunggu yang terdapat di Indonesia mempunyai semacam corong untuk memasukan kayu tangkai. Oleh karena bentunya menyerupai kaki yang bersepatu, maka dinamakan “kapak sepatu”. Namun lebih tepatnya disebut kapak corong.

Berdasarkan hasil temuan, kapak perunggu ternyata ada yang memiliki hiasan dan ada yang tidak memiliki hiasan. Adapun daerah penemuan dari kapak perunggu adalah Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Bali, Flores, Pulau Roti, dan Papua dekat danau Sentani.

Kehidupan Sosial Ekonomi
Kebudayaan kapak perunggu berkembang pada zaman perundagian. Pada zaman perundagian manusia tinggal di daerah pegunungan, daerah rendah dan tepi pantai. Pada zaman perundagian kehidupan manusia merupakan peningkatan cara bertahan hidupa manusia dari zaman sebelumnya.

Pada zaman bercocok tanam, manusia sudah tinggal menetap di desa-desa atau perkampungan serta mengatur kehidupannya menurut kebutuhan bersama, yaitu menghasilkan makanan sendiri terutama dari sektor pertanian dan peternakan, tidak lagi menggantugkan kehidupannya dari pemberian alam. Dalam masa bertempat tinggal menetap ini, manusia berdaya upaya untuk meningkatkan kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Yang terpenting dari peningkatan hidup tersebut antara lain pembuatan benda-benda dari logam seperti kapak perunggu.

Khusus dalam pembuatan alat dari logam diperlukan orang-orang yang terampil, sehingga dalam masa perundagian terdapat kelompok orang yang memiliki keahian khusus, yaitu golongan undagi atau golongan orang-orang yang terampil. Golongan undagi tersebut misalnya dalam pembuatan rumah dari kayu, pembuatan barang-barang gerabah, pembuatan barang dari logam dan sebaganinya.

Walapun pada zaman itu sudah mengenal peralatan dari logam, tetapi karena bahan baku logam dan teknologi pembuatan yang masih terbatas, sehingga peralatan dari dari zaman sebelumnya masih dipergunakan. Hal ini di dasarkan atas penemuan peralatan dari batu di tempat penemuan peninggalan zaman perundagian. Peralatan dari batu kemungkinan masih dipergunakan oleh golongan orang biasa sedangkan peralatan dari logam oleh golongan tertentu, hal ini disebabkan oleh bahan baku dan kemampuan teknologi yang terbatas sehingga peralatan dari logam hanya dipergunakan oleh golongan masyarakat tertentu.

Mengingat bahan baku untuk pembuatan peralatan perunggu masih terbatas, dan tidak terapat di sembarangan tempat, maka barang-barang tersebut harus didatangkan dari daerah lain, hal ini berarti adanya sebuah perdagangan. Adanya perdagangan ini berarti adanya sebuah interaksi budaya.

Peninggalan prasejarah masa perundagian menunjukan kekayaan dan keanekaragaman budaya yang tumbuh dan berkembang pada masa itu. Benda-benda hasil penemuan menunjukan adanya sebuah perkembangan kemahiran dalam pembuatan peralatan hidup.

Kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam berbagai bidang akhirnya mempengaruhi terhadap kesejahtraan hidup, sehingga berpengaruh terhadap perkembangan jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang sebelumnya bertempat tinggal secara berkelompok telah membentuk sebuah perkampungan. Gabungan dari beberapa perkampungan terdekat akhirnya membentuk sebuah desa. Kebanyakan tempat penemuan yang meninggalkan sisa-sisa kehidupan kelompok manusia tersebut terletak di daerah dekat pantai. Perpindahan penduduk atau pelayaran lebih banyak terjadi pada masa perundagian dari masa sebelumnya. Bentuk mata pencaharian yang berkembang adalah pertanian dalam bentuk perladagangan atau persawahan, nelayan dan perdagangan.

Kehidupan Sosial Budaya
Susunan masyarakat dalam masa perundagian tidak dapat diketahui dengan pasti. Untuk memperoleh gambaran sedikit tentang hasil kehidupan sosial budaya pada masa itu, kita peroleh dari hasil penelitian peninggalan-peninggalan yang berupa kuburan-kuburan yang berasal dari zaman perundagian. Dari kuburan-kuburan tersebut dapat diketahui adanya orang-orang tertentu yang dikuburkan secara upacara khusus. Cara penguburan yang khusus dapat dilihat dari cara penempatan mayat dalam kuburan peti batu, sarkofagus atau tempayan khusus dan sebaginya. Upacara khusus dapat dilihat dari berbagai jenis bekal kubur yang terdapat dalam kuburan-kuburan itu.

Dari penelitian tersebut dapat kita ketahui bahwa ada orang-orang yang dapat diperlakukan khusus setelah mereka meninggal. Dapat diduga bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki kedudukan terkemuka dalam masyarakat. Dari perlakuan khusus terdapat tokoh-tokoh tertentu, maka dalaplah dikatakan bahwa masyarakat pada masa itu telah memiliki norma-norma dalam kehidupan, terutama sikap menghargai kepemimpinan seseorang. Walaupun dapat kita pastikan bahwa masyarakat pada masa itu didasarkan atas gotong royong, namun telah berkembang norma-norma yang mengatur hubungan antara yang dipimpin dan yang memimpin. Norma-norma tersebut tentunya telah tumbuh dan berkembang dalam masa berabad-abad.

Kepercayaan pada masa perundagian di Indonesia sebenarnya tidak berbeda dengan kepercayaan masa bercocok tanam, yaitu pemujaan terhadap roh nenek moyang. Orang beranggapan bahwa roh nenek moyang berpengaruh terhadap perjalanan hidup manusia dan masyarakatnya, karena itu arwah nenek moyang harus selaludiperhatikan dan dihormati dengan mengadakan upacara-upacara dan memberikan sesaji-sesaji. Adanya suatu kepercayaan bahwa orang yang sudah meninggal memerlukan barang-barang seperti semasa hidupnya, maka bagi orang yang terpandang atau mempunyai kedudukan dalam masyarakat, diadakan upacara-upacara penguburan dengan pemberian bekal kubur lengkap. Bekal kubur itu dapt berupa macam-macam barang seperti periuk, benda dari perunggu dan besi, manik-manik dan perhiasan lain serta jenis unggas.

Kehidupan pada masa perundagian diliputi perasaan solidaritas yang tertanam dalam sanubari tiap warga masyarakat sebagai warisan nenek moyang. Sebagai akibat adat kebiasaan dan kepercayaan yang kuat, maka kebebasan individu agak terbatas, karena pelanggaran yang dilakukan dianggap membahayakan masyarakat. Kalau ada orang memiliki kekayaan lebih dari orang lain, kebanyakan ia adalah seorang kepala suku atau mereka adalah orang-orang yang berkedudukan penting dalam masyarakat. Tetapi kekayaan itu pun dipergunakan untuk kepentingan masyarakat. Penguasaan dan pengambilan sumber penghidupan diatur menurut tata tertib dan kebiasaan masyarakat. Pemakaian barang-barang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di dasarkan atas sifat magis atas barang-barang tersebut.

Pada masa itu ada kultus kepemimpinan dan pemujaan kepada suatu yang suci di luar diri manusia dan hal ini dikuasai oleh suatu yang lebih tinggi. Dalam masyarakat mulai jelas ada pembedaan golongan-golongan tertentu seperti golongan-golongan pengatur upacara atau berhubungan dengan kepercayaan, golongan petani, golongan pedagang dan para pembuat benda dari logam atau gerabah.

Upacara-upacara bersifat pemujaan ada juga yang berhubungan dengan peranan laut. Sebagai bangsa yang telah lama mengarungi laut, maka dalam masyarakat Indonesia masa perundagian lautpun memegang peranan penting dalam kepercayaan masa itu. Disamping pemujaan leluhur yang telah dilakukan di punden-punden batu berundak, ada pula upacara di laut. Bagaiman bentuk upacara laut pada masa itu, belum bisa diketahui dengan pasti karena belum ditemukan peninggalan-peninggalan yang memberikan petunjuk dengan pasti. Mungkin upacara yang sekarang masih dilakukan oleh para nelayan yang berhubungan dengan laut masih mengandung unsur yang menggambarkan keadaan masa lampau. Misalnya selamatan yang berhubungan dengan pembuatan perahu, sedang laut dan sebagainya.

Kemahiran mengarungi laut telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak masa prasejarah, dengan demikian pengetahuan mengenai astronomi untuk mengetahui arah pelayaran telah mereka ketahui. Kemudia ini kemudia sangat berguna pada waktu mereka mengembangkan cara bercocok tanam dengan mempergunakan pengetahuan astronomi. Bentuk kepercayaan masa perundagian dapat kita ketahui melalui benda-benda peninggalan yang kita temukan dari masa itu.

Keterangan pertama tentang kapak perunggu diberitakan Ramphius pada awal abad ke-18. Sejak sertengahan abah ke-19 mulai dilakukan pengumpulan dan pencatatan asal-usulnya oleh Koninklijk Bataviaasch Genootschap. Kemudian penelitian ditingkatkan kea rah tipologi dan uraian tentang distribusi dan konsep religious mulai dicoba berdsarkan bentuk dan pola hiasannya.

Secara tipologis kepak perunggu dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu kapak corong (kapak sepatu) dan kapak upacara. Kemudian Heekeren mengklasifikasikan kapak ini menjadi kapak corong, kapak upacara dan tembilang atau tajak. Pembagian ini diperluas lagi oleh Soejono dengan mengadakan penelitian lebih cermat tentang bentuk-bentuk kapak dan membagi kapak perunggu menjadi delapan tipe pokok dengan menentukan daerah persebarannya.

Tipe I atau tipe umum merupakan tipe dasar. Kapak jenis ni lebar dengan penampang lonjong, garis puncak (pangkal0 tangkainya cekung atau kadang-kadang lurus, dan bagian tajaman cembung. Tipe ini terbagi lagi kedalam beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

a. Subtipe A
Tangkai panjang, tajaman berbentuk setengah bulatan atau hamper cembung, dan terdapat dalam berbagai ukuran. Yang terbesar ukuran 19,8 x 12,4 x 2,8 cm sedangkan yang kecil berukuran 4,6 x 4,4 x 13 cm. sebuah kapak yang besar dengan hiasan, yang dikenal sebagai “Kapak Makassar” merupakan kapak upacara. Kapak ini sesungguhnya lebih tepat disbeut dengan bejana perunggu karena bentuk dan ukurannya menyerupai bejana perunggu yang ditemukan di Indonesia. Daerah persebaran dari kapak subtipe ini ialah Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Selayar, Bali, Flores, Timor dan Maluku.

b. Subtipe B
Kedua sisi kapak melengkung ke dalam. Tangkai dan mata kapak sama panjang. Tipe ini terdiri dari beberapa ukuran. Yang terbesar 12,6 x 9,2 x 2,4 cm dan yang terkecil 4,6 x 4,3 x 9 cm. kapak-kapak subtipe ini ditemukan di Jawa Barat, Jawa Timur dan Madura.

c.Subtipe C
Tangkai panjang dan cekung dipangkal. Kedua ujung tajam melengkung ke dalam, membentuk lingkaran. Sebuah kapak yang besar disebut “Kapak Sentani” bentuk kapak seperti ini didapatkan di Jawa Barat dan Papua.

Tipe II atau tipe ekor burung seriti mempunyai bentuk tanggai dengan ujung yang membelah seperti ekor seriti. Ujung tajaman biasanya berbentuk cembung atau seperti kipas. Belahan pada ujung tangkai ada yang dalam, dan ada yang dangkal. Kapak-kapak tipe ini ada ygn dihias, ada pula yang tidak memperlihatkan hiasan. Pada kapak perunggu yang ditemukan di Jawa Barat, bagian tangkainya dihias dengan pola topeng yang disamarkan dalam garis-garis, mata atau geometris berupa pola tangga dan lingkaran. Yang terbesar diantara kapak-kapak tipe ini berukuran 24,5 x 13,6 x 5,5 cm dan yang terkecil 5,4 x 4,3 x 3,5 cm. Daerah temuannya adalah Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Bali dan Flores.

Tipe III atau tipe pahat memiliki tangkai yang pada umumnya lebih panjang daripada tajamannya. Bentuk tangkai ini ada yang menyempit dan lurus, ada yang pendek dan lebar. Bentuk tajaman cembuk atau lurus (datar). Kapak yang dari tipe ini berukuran 12,2 x 5,8 x 1,7 cm dan yang terkecil 5,4 x 3,6 x 1,3 cm dan daerah penemuannya adalah di Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Tipe IV atau tipe tembilang berbentuk seperti tembilang zaman sekarang; tangkai pendek, mata kapak gepeng, bagian bahu lurus kea rah sisi-sisinya. Mata kapak berbentuk trapesioda atau setengah lingkaran. Jenis mata kapak dengan bentuk setengah lingkaran rata-rata berukuran 13,5 x 10,8 x 3,5 cm. Yang terbesar dengan jenis mata kapak berbentuk trapesioda adalah 15,7 x 9,6 x 2 cm da yang terkecil 13,4 x 6,5 x 1,6 cm. Kapak-kapak ini ditemukan di Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan. Tipe V atau tipe bulan sabit memiliki mata kapak berbentuk bulan sabit, bagian tengahnya lebar yang kemudian menyempit ke kedua sisi, serta sudut-sudut tajamannya membulat. Tangkai lebar di pangkal kemudian menyempit di bagian tajamannya. Pada jenis yang kecil, kedua sudut pangkal tangkainya berakhir sebagai sapu lidi, sedangkan mata kapaknya sangat pipih. Jenis yang besar berukuran 16,5 x 15, 6 x 3,4 cm dan yang terkecil 7,2 x 5,2 x 4,5 cm. Kapak-kapak tipe ini ditemukan di Bali dan Papua.

Tipe VI atau tipe jantung memiliki mata kapak seperti jantung, tangkainya panjang dengan pangkal yang cekung, bagian bahu melengkung, pada ujungnya. Kapak tipe ini ditemukan dalam berbagai ukuran; yang terbesar 39,7 x 16,2 x 1,5 cm dan terkecil 13 x 7,2 x 0,6 cm. Kedua sudut pangkal tangkainya pada jenis yang kecil juga seperti tangkai sapu lidi. Kapak tipe ini hanya ditemukan di Bali.

Tipe VII atau tipe candrasa bertangkai pendek dan melebar pada pangkalnya. Mata kapak tipis dengan kedua ujungnya melebar dan melengkung ke arah dalam. Pelebaran ini tidak sama sehingga membentuk bidang mata yang asimetris. kapak ini sangat besar dan pipih; yang terbesar memiliki lebar tajama 133,7 cm yang terkecil 37 cm. Kapak ini kadang-kadang dihias dengan pola burung berparuh runcing dan kakinya digambarkan mencengkram sebuah kapak tipe candrasa dalam bentuk kecil. Pola-pola geometris berupa pilin, garis-garis, dan tangga menghiasi tangkai candrasa. Kapak dari tipe ini ditemukan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tipe VIII atau tipe kapak Rote berbentuk khusus dan hanya ada tiga buah ditemukan di Rote; sebuh di antaranya musnah dalam kebakaran pada waktu mengikuti pameran di Paris pada tahun 1931. Tangkai kapak yang lengkung serta panjang dituang menjadi satu dengan kapaknya. Keseluruhannya gepeng dan berukuran panjang lebih kurang 90 cm. Puncak (pangkal) tangkai berbentuk cakram, tempat perletakan kapaknya. Cakram ini dihias dengan pola roda atau pusaran. Kapak yang menempel pada cakram ada yang bermata melebar berbentuk kipas, dan ada yang kedua sudut tajamannya melengkung ke dalam hingga seluruh mata kapak membentuk bulatan yang berlubang di kedua belah sisi. Pola hias utama pada mata kapak adalah topeng dengan tutup kepala yang menyerupai kipas. Sebuah fragmen kapak perunggu yang memperlihatkan mata kapak berbentuk bulat dengan pola hias semacam pusaran yang disederhanakan mungkin sekali merupakan bagian dari jenis kapak upacara tipe kapak Rote ini. fragmen tersebut ditemukan di Papua

Sebuah kapak perunggu yang berbentuk khas telah ditemukan di Liang Bua (Flores) pada ekskavasi tahun 1978. Kapak ini berukuran maksimal panjang 8,1 cm, lebar 8 cm dan tebal 0,6 cm, serta tidak bercorong. Sisi kiri dan kanan tangkai kapak melipat ke dalam sehingga membentuk ruang untuk memasukan tangkai kayunya. Tipe kapak ini merupakan bentuk pendahulu dari kapak corong dan sementara ini merupakan satu-satunya temuan di Indonesia. Kapak ini ditemukan sebagai liang kubur di Liang Bua yang diduga berasal dari masa perundagian, berdasarkan temuan-temuan serta lain, yaitu jenis-jenis gerabah dari tipe yang telah maju.

Pada tahun 1971, seorang penduduk dari Desa rai Dewa di Pulau Sabu Barat yang bernama Ama Biddo Padji menemukan sebuah kapak perunggu di Dusun Kabila. Ia menemukan kapak ini ketika sedang menanam ubi di ladangnya. Berdasarkan klasifikasi Soejono, kapak ini dapat digolongkan ke dalam tipe Soedjono, VII. Kapak ini berukuran panjang.....dan lebar bagian tajaman 35 cm. Bagian ini berbentuk oval dan seperti dibagi-bagi ke dalam sejumlah jari-jari. Bagian tengahnya menggambarkan pola topeng. Bagian tengahnya hanya digambarkan seperti duri-duri.

Sebuah kapak perunggu yang memiliki bentuk hampir sama dengan kapak Kabila ditemukan di Pulau Rote. Kapak ini akan diselundupkan melalui Bandara Juanda di Surabaya, tetapi berhasil digagalkan dan diserahkan ke Museum Mpu Tantular Surabaya. Kapak ini berukuran panjang 150 cm dan bagian tajamnnya juga memiliki pola hias topeng.

Kepustakaan
Laporan Jurnalistik Kompas. (2008). Ekspedisi bengawan Solo: laporan jurnalistik Kompas : kehancuran peradaban sungai. Buku Kompas
Moehhadi. (1986). Sejarah Indonesia. Jakarta: Karunia Jakarta Universitas Terbuka
Poesponegoro, M.D. dkk. (2008). Sejarah Nasional Indonesia Jilid I. Jakarta: Balai Pustaka.
Soekmono. (1990). Pengantar sejarah kebudayaan Indonesia 1. Kanisius
Situngkir . (2009) Jenis-jenis Sarkofagus. [Online]. Terdapat di. http://www.pewarta-indonesia.com/nspirasi/Sosial-Budaya/jenis-jenis-sarkofagus.html [13-0-09]
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=1368

Sumber :
http://www.wacananusantara.org/content/view/category/2/id/614

1 komentar:

  1. Harrah's Resort And Casino Reno - Mapyro
    Harrah's Resort 청주 출장안마 And Casino Reno. Address: 777 Harrah's Rincon Way, Reno, NV. Phone: (702) 414-5000. 광주광역 출장안마 Hours of Operation: Monday – Friday  Rating: 2.7 · ‎4,966 reviews · ‎Price range: $ (Based on Average Nightly Rates for a Standard Room from 거제 출장샵 our Partners)Which popular attractions are 청주 출장안마 close to Harrah's Resort And Casino Reno?What 청주 출장마사지 are some of the property amenities at Harrah's Resort And Casino Reno?

    BalasHapus